Tuesday, November 10, 2020

SIAPA PAHLAWANMU? (Menurut Kakak-Kakak)

Selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November 2020. Kemarin kami mengadakan survey ke beberapa kakak Pramuka SMP Ngeri 2 Balen Bojonegoro tentang beberapa hal terkait Pahlawan. Survey tersebut berupa pertanyaan yang kami ajukan secara online. Pertanyaan pertama adalah apa pengertian Pahlawan menurut kakak?, pertanyaan kedua adalah siapa pahlawan bagi hidup kakak? Mengapa beliau menjadi pahlawan kakak?, dan pertanyaan terakhir adalah Apakah kakak ingin jadi pahlawan? Jika iya, pahlawan bagi siapa?. Berikut ini rekapan survey kami, selamat membaca…

Namaku Kak Sukma Rizki Kusuma. Pengertian pahlawan menurutku adalah pahlawan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama. Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Bagiku, kita semua diciptakan untuk menjadi pahlawan. Kalaupun bukan pahlawan untuk bangsa, kita adalah pahlawan untuk diri kita masing-masing ataupun yang lebih dekat adalah pahlawan untuk keluarga. Aku ingin jadi pahlawan untuk negeri Indonesia.

Namaku Kak Veronica Chandra Januardi. Menurutku, Pahlawan adalah orang yang rela melakukan apapun demi kita dengan bertaruh nyawanya, melewati tantangan demi tantangan hanya dengan cinta dan kasih sayang yang disertai perencanaan dan kalkulasi yang matang yang dapat membuat prosesnya sukses. Pahlawan bagi hidupku Ibu dan Ayah, karena mereka rela bertaruh nyawa demi kita. Sosok ibu melahirkan dengan taruhan nyawa -bertaruh nyawa- menderita rasa sakit sampai membesarkan kita. Sosok ayah harus banting tulang menghidupi keluarga, menjadikan siang menjadi malam, menjadikan malam menjadi siang, tanpa kenal lelah itulah sosok ayah. Aku ingin jadi pahlawan bagi Ibu dan ayah.

Namaku Kak Indah Nur Rohmawati Wahidah. Menurutku, Pahlawan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama. Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Namun, seiring berjalannya waktu, arti kata “pahlawan” kini berkembang. Pahlawan tidak lagi hanya diasosiasikan dengan perjuangan dalam peperangan di jaman kolonialisme. Namun, nilai-nilai perjuangan kepahlawanan dapat tercermin dari seseorang dalam kehidupan sehari-harinya. Setiap orang memiliki makna kepahlawanan sendiri-sendiri dan memiliki pahlawan dalam hidup mereka. Aku ingin jadi pahlawan demi bangsa dan negara terutama pahlawan bagi ibuku. 

Namaku Kak Siti Afifatul M. Menurutku pengertian pahlawan adalah seseorang yang memiliki jiwa pemberani untuk membela kebenaran atau suatu bangsanya. Mereka adalah para pahlawan yang telah rela berkorban dan berani melawan dan mengusir para penjajah demi harkat dan martabatnya sebagai kesatuan dari sebuah bangsa serta memberikan kemerdekaan bagi negaranya. Aku ingin jadi pahlawan bagi bangsa dan negara.

Namaku Kak Fitri Intan Fabela. Menurutku, Pahlawan itu tanpa tanda jasa dan membela kebenaran. Pahlawan bagi hidupku adalah bapak, karena beliau rela berkorban demi anak-anaknya, panas hujan tiada kata lelah.

Namaku Kak Aura Rozida Fitriana. Pengertian Pahlawan menurutku adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau sosok orang yang rela nyawanya melayang demi suatu alasan. Pahlawan bagi hidupku adalah Orang tua, karena orang tua merupakan salah satu inspirasi hidup kami meraih segala mimpi yang kami dapatkan di masa kini. Aku ingin jadi pahlawan bagi orangtua, negara, dan bagi semua orang.

Namaku Kak Listari. Menurutku, pengertian pahlawan adalah orang yang berkorban tanpa pamrih. Pahlawan bagi hidupku adalah orang tuaku. Perjuangan mereka yang tidak kenal lelah, mengantarkan aku seperti sekarang ini. Aku ingin jadi pahlawan untuk keluarga, anak didik, lingkungan, bangsa dan negara.

Namaku Kak Choirul Anam. Menurutku pahlawan adalah orang yang rela berkorban untuk membuat orang lain bahagia. Pahlawan bagi hidupku yang pertama adalah orang tuaku karena telah merawatku dengan penuh kasih saying dan kedua adalah Isteriku (Almh) karena telah mau hidup bersamaku sampai akhir hidupnya dan memberiku dua bidadari kecil yang cantik. Aku ingin jadi pahlawan bagi dua bidadari kecilku (anak-anakku).

Demikian jawaban dari beberapa kakak Pramuka SMP Negeri 2 Balen atas 3 pertanyaan yang kami ajukan. Kalau jawaban dari kakak pembaca bagaimana ya? dapat ditulis di kolom komentar ya kak…


No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN DAN SYARAT PRAMUKA PENGGALANG GARUDA

Penulis : Admin blog Salam Pramuka! Kakak-kakak yang berbahagia, hari ini kami akan bercerita tentang Pramuka Penggalang Garuda. Apa pengert...