Sunday, October 18, 2020

PROGRAM 6 : RUMAH BURUNG HANTU (RUBUHA)

Penulis : Kak Listari


Gudep 04.107-04.108, Pangkalan SMP Negeri 2 Balen Bojonegoro, terletak di sebuah desa bernama desa Kenep, berada 15 Kilometer arah timur dari kota Bojonegoro. Posisi sekolah yang dikelilingi sawah, sangat berpotensi untuk di singgahi Burung Hantu. Berdasarkan surve dari para Penjaga malam SMP Negeri 2 Balen tahun 2015, bahwa salah satu plavon ruang kelas di huni sejumlah burung langka tersebut. Namun pada saat itu, kami belum melakukan apa-apa.

Seiring perkembangan, SMP Negeri 2 Balen, merintis menjadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten dan berhasil di beri penghargaan pada tahun 2015. Kemudian lanjut ke Adiwiyata Propinsi, dan berhasil meraih penghargaan tahun 2016. Di saat pengambilan penghargaan tersebut, di barengi lomba-lomba tentang ramah lingkungan. Dan salah satu lombanya adalah photo lingkungan hidup. Kami memanfaatkan satwa yang ada di sekolah kami yaitu burung hantu. Dan dalam lomba tersebut SMP Negeri 2 Balen juara Pertama. Sejak itu kami mulai lebih peduli dengan binatang langka tersebut, dengan cara merawat lebih baik lagi.

Banyak cara yang kami lakukan, salah satunya adalah membuat Rumah Burung Hantu (RUBUHA) dengan harapan, burung hantu berkembang biak baik dan efek lainnya bisa membantu para petani mengusir tikus. Aksi nyata kami tidak hanya membuat rumah burung hantu untuk kepentingan sekolah saja, tapi kami juga membagi RUBUHA ke petani-petani di desa sekitar sekolah. Pada akhir Mei 2020, salah satu RUBUHA yang kami pasang di pohon Nangka di lingkungan sekolah, di huni burung hantu, bahkan bertelur dan menetas.


Pembuatan RUBUHA ini di buat oleh Penggalang SMP Negeri 2 Balen secara berkelompok dan diprakarsai Guru Prakarya, Pak Windra dan Bu Dara, namun Pembina Pramuka (Kak Listari, kak Hendra Oktavianto, dan kak Puji Hartono) juga aktip ikut membantu proses pembuatan RUBUHA tersebut. Aksi nyata yang di lakukan Pembina adalah membantu menyiapkan alat dan bahan, memberi ide model RUBUHA. Disamping itu juga adik-adik pramuka terlibat langsung dalam pembuatan RUBUHA tersebut dan salah satu yang aktif adalah Chelsy (Pramuka Penggalang Rakit).

SMP Negeri 2 Balen membuat RUBUHA sejumlah 28 buah, 15 diantaranya telah di sumbangkan ke 3 desa terdekat yaitu Desa Kenep, Desa Bulaklo dan Desa Ngantulan. Sedangkan manfaat yang kami peroleh antara lain : 1) Mampu mempertahankan keberadaan burung hantu yang ada di lingkungan sekolah kami, 2) Memberi ruang tersendiri bagi perkembangbiakan Burung hantu, 3) Bisa berbagi dengan petani sekitar untuk di pasang di sawah-sawah mereka, dengan harapan burung hantu yang menempati RUBUHA di sawah-sawah bisa mengusir tikus. Untuk tindakan selanjutnya, melalui kerja sama dengan petani, kami memantau keberadaan RUBUHA. Apabila di temukan ada kerusakaan, segera mengambil tindakan perbaikan. Secara periodik, kami akan melanjutkan pembuatan RUBUHA untuk di bagi ke petani-petani yang membutuhkan


Kunjungi sosial media kami:
Instagram : @spendabapramuka
FP Facebook : Pramuka SMPN 2 Balen
Youtube : Pramuka Spendaba Bjn
Blog : pramukaspendababjn.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN DAN SYARAT PRAMUKA PENGGALANG GARUDA

Penulis : Admin blog Salam Pramuka! Kakak-kakak yang berbahagia, hari ini kami akan bercerita tentang Pramuka Penggalang Garuda. Apa pengert...