Saturday, October 10, 2020

PROGRAM 2 : KOMPOSTING

 Penulis : Kak Hendra Oktavianto

SMP Negeri 2 Balen Bojonegoro ditumbuhi pepohonan yang rindang dan banyak. Hal ini menyebabkan sampah daun yang berguguran dilingkungan sekolah sangat banyak setiap harinya. Selain itu kecintaan kami terhadap lingkungan, membuat kami berusaha bagaimana agar sampah-sampah daun tersebut bermanfaat untuk kepentingan sekolah. Beralasan hal tersebut, maka kami membuat program komposting dengan harapan sampah daun yang ada tidak hanya menumpuk di tempat pembuangan sampah. Namun kami rumah sampah tersebut menjadi pupuk kompos yang bisa bermanfaat untuk lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar.

Program komposting sebenarnya sudah dilakukan oleh pihak Sekolah sejak dulu sehingga kami hanya ikut meneruskan program pembuatan kompos tersebut. Pembuatan kompos di SMP Negeri 2 Balen dikoordinatori oleh bapak guru yang bernama Drs. Nanang Lukianto dan dibantu siswa-siswa yang diantara mereka juga ada anggota Pramuka aktif. Proses Komposting sebagai berikut:

1. Sampah daun-daun yang sudah kering dicacah kecil-kecil

2. Kemudian cacahan tersebut dimasukan ke tong dan dilakukan proses fermentasi dengan dicampur:

- EM 4 (bakteri fermentasi) 100 mL

- Tetes tebu 50 mL

- Limbah air kelapa dari pasar

- Air bersih 10 L

3. Selanjutnya diaduk dan didiamkan selama 1-2 hari

4. Setelah itu, sebagian dipindah ke kolam (tempat penyimpanan juga) karena tong akan diisi cacahan daun lagi

5. Setelah kompos jadi, kompos ditaruh di karung kering dan dikemas menjadi produk untuk diperjualbelikan


Selain Komposting dengan alat seperti penjelasan diatas, kami juga pernah beberapa kali membuat komposting secara alami yang prosesnya seperti ini:

1. Membuat lubang di tanah

2. Memasukkan daun-daun kering ke lubang

3. Menimbun tanah di atas daun-daun kering tersebut 

4. Membiarkan daun-daun tersebut hingga akan menjadi kompos dengan sendirinya

Hasil yang dicapai adalah sampah yang menggunung di tempat akhir pembuangan tidak tampak lagi dan ada beberapa bungkus pupuk kompos organik yang sudah siap untuk dimanfaatkan. Untuk menindaklanjuti pembuatan kompos, kami akan terus melaksanakan program komposting sehingga nantinya sampah daun yang berguguran di lingkungan sekolah dapat bermanfaat.

Social media kami:
Instagram : @spendabapramuka
FP Facebook : Pramuka SMPN 2 Balen
Youtube : Pramuka Spendaba Bjn


No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN DAN SYARAT PRAMUKA PENGGALANG GARUDA

Penulis : Admin blog Salam Pramuka! Kakak-kakak yang berbahagia, hari ini kami akan bercerita tentang Pramuka Penggalang Garuda. Apa pengert...