Tuesday, October 13, 2020

PROGRAM 5 : HIDROPONIK

Penulis : Kak Uzlifatul Jannah


Salah satu program baru Pramuka SMP Negeri 2 Balen Bojonegoro dalam mengikuti Lomba Gugusdepan Ramah Lingkungan 2020 adalah HIDROPONIK. Hidroponik adalah suatu budidaya menanam dengan memanfaatkan lahan sempit dan terbatas, dengan memanfaatkan air dan menggunakan sedikit tanah. Jenis tanaman yang cocok untuk Hidroponik sayuran seperti kangkung, sawi, selada, dan bayam. Selain sayuran ada juga beberapa jenis buah-buahan yang dapat ditanam system hidroponik seperti melon, cabe, tomat, timun, dan lain-lain.
Salah satu Pembina Pramuka, Kak Uzlifatul Jannah, bersama anggota Pramuka SMP Negeri 2 Balen mencoba membuat Hidroponik Tanaman Kangkung menggunakan media sterofoam dan gelas bekas air mineral.


Langkah-langkah membuat HIDROPONIK tanaman kangkung:
1. Menyiapkan bahan-bahannya yaitu gelas air minum bekas dan sterofoam
2. Memberi 4 lubang di sterofoam
3. Memasukkan tanah ke dalam gelas air minum yang sudah diberi lubang
4. Memasukkan biji kangkung yang sudah disemai selama 2 hari
5. Meletakkan hidroponik di luar ruangan agar terkena cahaya matahari
6. Menunggu berhari-hari agar tanaman kangkung bisa tmbuh
7. Menyiram secara teratur sampai kangkung siap dipanen

Menanam sistem Hidroponik mempunyai banyak manfaat diantaranya proses memanen hasil yang lebih mudah, tidak memerlukan banyak tenaga kerja tambahan, hasil panen yang dihasilkan lebih steril, resiko terhadap penyakit, dan hama tanaman menjadi lebih sedikit. Hasil dari Hidroponik tersebut dimanfaatkan anak Pramuka untuk dibawa pulang.


Tindak lanjut dari program ini adalah Kami Pembina Pramuka berharap Anggota Pramuka bisa mengembangkan Hidroponik di rumah masing-masing dengan memanfaatkan barang-barang yang kurang dimanfaatkan di lingkungannya, seperti botol bekas, gelas air mineral bekas, kotoran ternak, dan lain-lain. Sehingga bisa bermanfaat bagi mereka baik secara lingkungan, ekonomi, maupun ilmu pengetahuan sebagai bekal menyongsong generasi Indonesia Emas 2045

Social media kami:
Instagram : @spendabapramuka
FP Facebook : Pramuka SMPN 2 Balen
Youtube : Pramuka Spendaba Bjn
Blog : pramukaspendababjn.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN DAN SYARAT PRAMUKA PENGGALANG GARUDA

Penulis : Admin blog Salam Pramuka! Kakak-kakak yang berbahagia, hari ini kami akan bercerita tentang Pramuka Penggalang Garuda. Apa pengert...