Thursday, October 8, 2020

GUGUS DEPAN RAMAH LINGKUNGAN 2020

Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur mengadakan “Pelatihan Pramuka Patriot Lingkungan” pada tanggal 6 Juli 2020. Pelatihan tersebut diselenggarakan secara online via zoom dengan peserta perwakilan dari Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Jawa Timur. Perwakilan dari Kwarcab Bojonegoro ada 9 Pramuka yang terdiri atas 3 pangkalan SD/MI, 3 pangkalan SMP/MTs, dan 3 pangkalan SMA/SMK/MA. Kami salah satu pangkalan SMP yang ditunjuk oleh Kwarcab Bojonegoro untuk mengikuti Pelatihan online tersebut.

Hasil pelatihan online tersebut adalah lomba mewujudkan gugusdepan ramah lingkungan jatim 2020 yang diadakan secara online via Instagram. Inti lomba tersebut adalah masing-masing pangkalan membuat program gugusdepan ramah lingkungan. Kemudian melaksanakan program tersebut dan meng-upload di Instagram dengan beberapa hastag yang telah ditentukan Kwarda Jatim, salah satunya #GudepRamahLingkunganJatim2020. Waktu pelombaan dari tanggal 7 Juli 2020 (sehari setelah pelatihan) sampai 22 Agustus 2020.

Kami para Pembina Pramuka SMPN 2 Balen langsung mengadakan rapat terbatas online via Whatsapp Group pada malam hari setelah pelatihan. Kemudian kami sepakat mengambil tema utama tentang “Pengolahan Sampah” dan tema pendukung tentang keanekaragaman hayati. Pangkalan kami, SMP Negeri 2 Balen sebenarnya sudah memiliki program-program tentang lingkungan karena SMP Negeri 2 Balen merupakan Sekolah Adiwiyata. Sehingga beberapa program yang kami lakukan adalah meneruskan dan mengikuti program pangkalan/sekolah kami dan beberapa program baru.

Program atau kegiatan yang kami lakukan dalam rangka lomba gudep ramah lingkungan tahun 2020 yang diadakan kwarda jatim, diantaranya:

1. Rumah dan sekolah bersih bebas corona

2. Komposting

3. Membuat bunga pom-pom

4. Biopori (lubang resapan)

5. Ecobrick

6. Hidroponik

7. Rumah burung hantu

8. Hutan buatan/ hutan mini

9. Mencangkok

10. Merawat tanaman obat keluarga (TOGA) di tengah pandemi

11. Budidaya jamur tiram

12. Pembuatan pot gantung

13. Tambak/kolam

14. Green house

Demikian 14 program yang kami lakukan, untuk penjelasan masing-masing program tersebut akan kami update pada postingan selanjutnya. Semoga dapat saling menginspirasi ya kakak-kakak



No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN DAN SYARAT PRAMUKA PENGGALANG GARUDA

Penulis : Admin blog Salam Pramuka! Kakak-kakak yang berbahagia, hari ini kami akan bercerita tentang Pramuka Penggalang Garuda. Apa pengert...