Saturday, September 19, 2020

Darimana asal kata Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega?

Kita tahu bahwa PRAMUKA singkatan dari PRAJA MUDA KARANA yang memiliki arti “Warga Negara Indonesia yang berumur 7 sampai 25 tahun yang suka/mau berkarya”. Kita juga tahu bahwa PRAMUKA dibagi menjadi 4 golongan, yaitu SIAGA yang berumur 7 sampai 10 tahun, PENGGALANG yang berumur 11 sampai 15 tahun, PENEGAK yang berumur 16 sampai 20 tahun, dan PANDEGA yang berumur 21 sampai 25 tahun. Darimana asal sebutan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega?

Jika kita membaca “Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak”, kita akan mendapatkan penjelasan bahwa pemberian nama-nama tersebut mengadaptasi proses panjang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam upaya meraih kemerdekaan. Dimulai ketika Bangsa Indonesia menSIAGAkan kemerdekaan yang diambil dari peristiwa Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908. Masa mensiagakan kemerdekaan bangsa ini menjadi kiasan dasar pembinaan golongan Siaga. Kemudian Bangsa Indonesia mengGALANG persatuan untuk kemerdekaan yang ditandai dari peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Masa keberhasilan menggalang persatuan bangsa menjadi kiasan dasar pembinaan golongan Penggalang.

Setelah berhasil menggalang persatuan, maka Bangsa Indonesia telah siap untuk meNEGAKkan Kemerdekaan yang ditandai dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Masa kesiapan menegakkan kemerdekaan menjadi kiasan dasar pembinaan golongan Penegak. Proses akhir dari sejarah perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia adalah mengisi kemerdekaan dengan meMANDEGAni (memprakarsai/mempelopori) pembangunan bangsa. Masa mempelopori pengisian kemerdekaan dan pembangunan bangsa menjadi kiasan dasar pembinaan golongan Pandega.

Nah… bagaimana menurut kakak-kakak? apakah dari referensi lain tentang asal mula nama Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega? Kalau ada kakak-kakak bisa tulis di kolom komentar, supaya bisa saling sharing pengetahuan. Semoga bermanfaat dan Salam Pramuka

No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN DAN SYARAT PRAMUKA PENGGALANG GARUDA

Penulis : Admin blog Salam Pramuka! Kakak-kakak yang berbahagia, hari ini kami akan bercerita tentang Pramuka Penggalang Garuda. Apa pengert...