Tuesday, September 22, 2020

PENGHIJAUAN DAN MANFAAT-MANFAATNYA

Apa itu Penghijauan?

Penghijauan adalah usaha untuk menanam tumbuhan dan pohon di tempat yang dianggap bisa menjadi tumbuh kembang tumbuhan dan pohon. Penghijauan dapat dilakukan mulai dari sekitar rumah dan terutama di daerah yang sedikit tertanam tumbuhan dan pohon (gersang). Penghijauan juga termasuk cara mengaplikasikan Dasadarma Pramuka nomor 2 yaitu cinta alam dan kasih sayang sesame manusia. Melakukan penghijauan merupakan bentuk cinta alam.

Apa Manfaat Penghijauan?

Manfaat penghijauan diantaranya:

1. Manfaat Estetis (keindahan)

Pohon memiliki berbagai macam bentuk yang khas sehingga menciptakan keindahan tersendiri. Pohon-pohon bila disusun secara berkelompok dengan jenis yang sama pada masing-masing kelompok akan menciptakan keindahan dan memberi suasana nyaman.

2. Manfaat Orologis (mencegah erosi/pengikisan tanah)

Akar pohon dengan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat sehingga mampu mencegah erosi/tanah longsor.

3. Manfaat Hidrologis (menyerap air)

Akar pohon pada dasarnya akan menyerap air hujan. Banyaknya kelompok pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya.

4. Manfaat Klimatologis (menyejukkan udara)

Banyaknya pohon akan membuat suhu disekitarnya sejuk dan nyaman. Secara klimatologis kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya.

5. Manfaat Edaphis (tempat hidup binatang)

Di lingkungan yang penuh dengan pohon-pohon, secara alami satwa dapat hidup dengan tenang karena lingkungan tersebut sangat mendukung ekosistemnya.

6. Manfaat Ekologis (keseimbangan lingkungan)

Lingkungan yang baik adalah lingkungan yang seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Pohon/tanaman, air, dan binatang adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan.

7. Manfaat Protektif (perlindungan)

Pohon dapat memberikan perlindungan terhadap teriknya sinar matahari, angina kencang, penahan debu, serta peredam suara.

8. Manfaat Hygienis

Sifat pohon atau tumbuhan pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat diperlukan manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Sehingga secara hygienis, pohon dan tumbuhan sangat berguna untuk kehidupan

9. Manfaat Edukatif (tempat belajar)

Berbagai jenis pohon dan tanaman yang ditanam merupakan laboratorium alam karena dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar.

Tenyata manfaat penghijauan sangat banyak ya kak… Ayo bersama-sama dengan kami Pramuka SMP Negeri 2 Balen menjaga lingkungan supaya tetap hijau. Semoga bermanfaat

Sumber : BUSANTIK KEPRAMUKAAN (Materi dan SKU Penggalang Ramu)

No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN DAN SYARAT PRAMUKA PENGGALANG GARUDA

Penulis : Admin blog Salam Pramuka! Kakak-kakak yang berbahagia, hari ini kami akan bercerita tentang Pramuka Penggalang Garuda. Apa pengert...